Gaya Hidup

Tanaman Rempah Ini Berkhasiat Jaga Daya Tahan Tubuh

INDOPOSCO.ID – Tanaman obat banyak ditemukan di Indonesia. Dan dapat diolah menjadi minuman herbal yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Bagem Sofiana Sembiring menjelaskan, menghadapi pandemi minuman fungsional memiliki efek positif terhadap kesehatan.

“Minuman fungsional berkontribusi pada daya tahan tubuh. Membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks seperti penyakit menular atau tidak menular,” kata Bagem Sofiana dilangsir dari laman Balittro, Balitbangtan, Selasa (13/7/2021).

Menurut dia, tanaman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh di antaranya tanaman meniran, temulawak, pegagan hingga jahe merah. Kandungan pada tanaman tersebut flavonoid, tanin, kurkuminoid, dan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

“Cara mengolahnya, untuk meniran dapat dikeringkan seperti pembuatan teh lalu diseduh menggunakan air panas. Dosis yang dianjurkan adalah 1-2 sendok teh per gelas,” terangnya.

“Untuk pengolahan temulawak maupun jahe merah, keduanya dapat dijadikan minuman menyehatkan dengan mengolahnya langsung atau menambahkan bahan lain seperti kayu manis, madu, lemon, atau lainnya,” imbuhnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button