Nusantara

Tanah yang Dijadikan Jaminan Terdakwa Korupsi Masker Ternyata Belum Dibeli

INDOPOSCO.ID – Persidangan kasus dugaan korupsi pengadaan masker KN95 pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Serang, Kamis (12/8/2021).

Agenda itu dengan menghadirkan saksi Rojali, sebagai pemilik lahan seluas 5.000 meter persegi di Cikesik, Kabupaten Pandeglang. Sebab, lahan itu menjadi salah satu jaminan terdakwa Agus Suryadinata dalam upaya mengembalikan kerugian negara senilai Rp 1,680 miliar.

Dalam keterangannya, saksi Rojali sebagai pemilik lahan itu mengaku belum dibayar oleh terdakwa Agus. Menurutnya, lahan itu memang ditawarkan untuk dijual kepada terdakwa.

“(Sertifikat) masih di pak Agus. Belum ada (pembayaran jual beli),” katanya.

Ia mengaku percaya kepada terdakwa, sehingga sertifikat tanahnya diberikan. Sebab pada waktu itu, terdakwa berjanji akan membayarnya.

Namun, pihaknya kecewa lantaran tanah itu tak kunjung dibayarkan. Ditambah, lahannya dijadikan jaminan kepada negara tanpa seizin Rojali.

“Pernah menawarkan berulang-ulang mau dijual. Saya satu meyakini pak Agus tidak jahat kepada saya. Saya kecewa seperti ini, menjaminkan ke dinkes tidak memberithaukan kepada saya. Satu ucapan pun tidak ada,” terangnya.

Ia menyebutkan, harga yang ditawarkan tanah warisan dari orang tuanya itu senilai Rp 1,9 miliar.

“Harga Rp 1,9 miliar. Nanti ada cicilan di bulan Juni untuk membayar. Tanah di Cikeusik, Kabuaten Pandeglang, 5.000 meter persegi,” jelasnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button