Internasional

Taliban Rebut Dua Kota Lagi, AS Dan Inggris Kirim Pasukan

INDOPOSCO.ID – Kelompok bersenjata Taliban mengklaim telah merebut dua kota terbesar Afghanistan pada Kamis waktu setempat, kata sejumlah media, sementara Amerika Serikat dan Inggris akan mengirim ribuan tentara untuk membantu evakuasi staf kedutaan mereka.

Penguasaan atas Kandahar dan Herat– kota terbesar kedua dan ketiga di Afghanistan– menjadi kemenangan terbesar Taliban sejak mereka mulai mengintensifkan serangan pada Mei. Jatuhnya kota-kota besar adalah tanda bahwa orang- orang Afghanistan menerima Taliban, kata juru bicara kelompok itu seperti dikutip Antara dari stasiun TV Al Jazeera, Jumat (13/8/2021).

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah berbicara dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada Kamis. Mereka mengatakan pada Ghani bahwa AS” tetap berkepentingan dengan keamanan dan stabilitas Afghanistan” dan berkomitmen mendukung sebuah solusi politik atas konflik di sana.

Menanggapi kemajuan Taliban yang begitu cepat, Pentagon mengatakan mereka akan mengirim sekitar 3.000 tentara tambahan dalam 48 jam untuk membantu evakuasi staf kedutaan.

“Kami berharap dapat menarik staf diplomatik penting di Afghanistan dalam beberapa pekan ke depan,” kata juru bicara Kemlu AS Ned Price, seraya menambahkan bahwa kedutaan tidak ditutup. dikutip Antara, Jumat (13/8/2021).

Seorang sumber yang memahami hal itu mengatakan tak ada jaminan kedutaan AS akan tetap dibuka. Kemlu mengatakan mereka juga akan mempercepat penerbitan visa imigrasi khusus bagi warga Afghanistan yang telah membantu pemerintah AS di negara itu. Pemerintah Inggris mengatakan akan mengerahkan sekitar 600 tentara untuk mengeluarkan warga negara mereka dan penerjemah lokal Afghanistan. (mg3/wib)

Sponsored Content
Back to top button