Headline

Takut Jadi Target Taliban, Akun Warga Afghanistan Diamankan FB, Twitter, LinkedIn

INDOPOSCO.ID – Akun-akun warga Afghanistan, pekan ini, diamankan Twitter, Facebook, dan LinkedIn untuk mencegah mereka jadi target Taliban setelah terjadi pengalihan kekuasaan di negara tersebut.

Facebook telah menghapus kemampuan pengguna di Afghanistan untuk melihat atau mencari di daftar teman, kepala kebijakan keamanan platform media sosial tersebut Nathaniel Gleicher mencuit pada Kamis (12/8/2021).

Gleicher juga mengatakan Facebook telah meluncurkan “perangkat sekali-klik” bagi pengguna Afghanistan untuk mengunci akun mereka, sehingga orang-orang yang tidak berteman dengan mereka tak dapat melihat linimasa unggahan atau membagikan foto profil mereka.

Kelompok-kelompok hak asasi telah menyuarakan kekhawatiran bahwa Taliban dapat menggunakan media sosial untuk menelusuri jejak digital dan hubungan sosial.

Amnesti Internasional mengatakan pekan ini ribuan warga Afghanistan, termasuk para akademisi, wartawan dan pembela hak asasi, berisiko serius mendapat pembalasan dari Taliban. Mantan kapten tim sepak bola puteri Afghanistan juga telah mendesak para pemain untuk menghapus akun media sosial dan menghilangkan identitas publik mereka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button