Nusantara

Tak Sanggup Beli Vitamin, Berjemur Jadi Kebiasaan Baru Warga Lebak

INDOSPOSCO.ID – Berjemur dibawah sinar matahari pagi ini, Minggu (18/7/2021) kini menjadi kebiasan baru masyarakat Kabupaten Lebak, Banten, yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah Pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, masyarakat yang tinggal di pedesaan kini juga mulai sadar untuk memakai masker, untuk menghidari terpapar dari virus Corona.

”Kalau untuk beli vitamin kami tidak punya uang. Makanya, lebih baik meluangkan waktu untuk berjemur selama 20 menit,mumpung cuacanya lagi cerah,” ujar Hindun (44), seorang wanita paruh baya warga Desa Selaraja,Kecamatan Warunggunung, Lebak,Minggu (18/7/2021).

Menurutnya, selain berjemur di pagi hari,dirinya sekarang mengaku kemana mana selalu memakai masker,mengingat sudah banyak warga yang dinyatakan positif Corana, dan meninggal dunia dengan prosesi pemakaman protokol Covid.

”Sekarang takut kalau tidak pakai masker,karena banyak juga tetangga yang lagi batuk pilek,namun mereka tidak Swab,karena kuatir positif dan diisolasi,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Herman, yang mengaku setiap selesai solat Subuh menyempatkan diri untuk berolahraga jogging di lapangan sepakbola alun alun Warunggunung, dilanjutkan dengan berjemur.

”Setelah berolahraga pagi dan berjemurr,badan terasa segar,” ujar Herman yang sehari hari bekerja sebagai sopir angkutan kota ini.

Meski tidak terpapar Covid, kebiasan baru Herman adalah menghirup uap air panas yang dicampur dengan minyak kayu putih, yang dipercaya dapat membunuh kuman atau virus yang ada di tubuh. ”Sekarang sebelum narik, saya juga selalu menghirup uap air panas yang dicampur minyak kayu putih,” katanya.

Sementara Juru Bicara Penanagan Covid-19 Kabupaten Lebak, dr Frman Rahmatullah menyambut baik kebiasaan positif masyarakat ditengah pandemi ini, yakni, berjemur dan berolahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dia berharap, masyarakat terus menerapkan kebiasan baik yang sudah terbentuk, dan konsisten menjaga kebersihan diri, tetap disilpin dalam penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

”Alhamdulillah, masyakarat kini sudah sadar pentingnya kesehatan.Ini harus tetap dipelihaara agar bisa terhindar dari paparan virus Corona,” ujarnya. (yas)

Sponsored Content
Back to top button