Nasional

Tak Mudah! 25 Pekerja Migran Hongkong Raih Gelar Sarjana

INDOPOSCO.ID – Menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri bukan pilihan. Keputusan itu dipaksa karena kebutuhan ekonomi. Tapi siapa sangka, para pahlawan devisa ini berhasil meraih gelar sarjana di luar negeri.

“Ada 25 pekerja migran Indonesia kita di Hongkong yang diwisuda hari ini. Dan mereka semua perempuan,” ujar Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri Universitas Terbuka (UT) Pardamean Daulay pada acara daring, Minggu (25/4/2021).

Menurut Daulay, para PMI tersebut banyak menghadapi tantangan, rintangan dan hambatan dalam mengikuti pembelajaran. Apalagi, di tengah kesibukan mereka sebagai PMI.

“Semoga mereka bisa memacu semangat PMI lainnya,” ucapnya.

Lebih jauh ia mengatakan, hambatan dan rintangan pembelajaran para PMI di antaranya ketersediaan bahan ajar hingga layanan tutorial dan pelaksanaan ujian akhir semester.

“Kita bersyukur di tengah pandemi tidak ada masalah yang nyata. Karena berkat kebijakan pelaksanaan ujian take home exam hingga kebijakan ujian online proctoring dan semi proctoring sebagai pengganti ujian akhir semester,” bebernya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button