Nusantara

Tak Batalkan Puasa, Vaksin di Bulan Ramadan Disarankan Pagi

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 masih melanda di wilayah Provinsi Banten. Segala kebijakan dikeluarkan pemerintah untuk meredam penyebaran virus Corona. Salah satu uapaya itu dengan menggalakan vaksinasi.

Hingga saat ini, proses penyuntikan vaksin di delapan kabupaten, kota masih berjalan. Pada tahap II termin II, vaksinasi masih diprioritaskan untuk lansia dan pelayan publik.

Dalam waktu dekat, umat muslim akan memasuki bulan suci ramadhan dan menjalani ibadah puasa. Tidak sedikit masyarakat ragu vaksin dapat membatalkan puasa. Sementara, masih banyak masyarakat yang belum mendapat vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi boleh dilakukan pada saat masyarakat puasa serta tidak membatalkan.

“Untuk vaksinasi bulan ramadhan, vaksinasi walaupun disaat puasa tetap boleh dilakukan. Ketika dia puasa walaupun divaksinasi tidak membatalkan puasa,” katanya saat ditemui di Plaza Aspirasi, Kamis (25/3/2021).

Ia menerangkan, suntik vaksin lebih dianjuŕkan pada pagi hari. Agar stamina calon penerima vaksin tetap stabil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button