Nasional

Tahun Baru Islam, Perkuat Spirit Hijrah di Tengah Wabah

INDOPOSCO.ID – Datangnya Tahun Baru Islam 1443 Hijriah disambut dengan penuh suka cita seluruh umat muslim. Meski dunia masih berjuang melawan pandemi Covid-19.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Muslim di Tanah Air untuk memperkuat spirit hijrah dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijriah.

“Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1443 H. Mari perkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemik Covid-19,” kata Yaqut dalam keterangannya, Selasa (10/8/2021).

Ia mengingatkan umat Muslim mengenai momentum hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Menurutnya, hijrah bisa bermakna fisik dan atau sikap.

Dari kejadian itu, seluruh umat muslim hendaknya, mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Seperti, disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah.

“Pandemik memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit hijrah dalam konteks pandemik adalah terapkan prokes dan disiplin 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan),” imbaunya.

Gus Yaqut sapaan akrabnya mengajak masyarakat merayakan Tahun Baru Islam 1443 Hijirah secara sederhana. Mengingat, saat ini pandemik Covid-19 masih belum mereda.

“Semoga pandemik segera berakhir dan kita songsong masa depan yang lebih sehat dan maju,” ujarnya. Bulan Muharram termasuk ke dalam daftar empat bulan yang dimuliakan (al-Asyhur al-Hurum) dalam Islam bersama bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. (dan)

Sponsored Content
Back to top button