Ekonomi

Syarat Modal Minimum Bank Digital Rp 10 Triliun

INDOPOSCO.ID – Otoritas Jasa Keuangan sedang menyusun peraturan mengenai pendirian bank digital, di antaranya terdapat pertimbangan regulator untuk mensyaratkan modal minimum hingga mencapai Rp10 triliun.

“Untuk pendirian bank digital, persyaratannya Rp10 triliun untuk pendirian bank baru. Disertai persyaratan eksiting bank digital seperti memiliki kemampuan yang mengelola bisnis bank yang pruden dan berkesinambungan, perlindungan data nasabah,” kata Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto dalam konferensi pers virtual di Jakarta, seperti dilansir Antara Kamis (18/2/2021).

Anung menyampaikan ketentuan mengenai bank digital saat ini masih dalam penyusunan awal. OJK akan berkonsultasi dengan para pelaku industri untuk memfinalisasi peraturan itu.

Dia juga mengaku telah menerima banyak masukan dari masyarakat. Jadi besaran modal minimum bisa saja berubah di kemudian hari.

Pendirian bank digital akan dibagi menjadi dua jenis, yakni pertama entitas baru yang akan beroperasi penuh sebagai bank digital. Kedua, transformasi bank konvensional yang sudah beroperasi sebelumnya untuk menjadi bank digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button