Ekonomi

Survei BI Sebut Permintaan Menguat, Kegiatan Usaha Terakselerasi Kuartal I

INDOPOSCO.ID – Bank Indonesia (BI) dalam Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengatakan kegiatan dunia usaha pada kuartal I 2021 terakselerasi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, di antaranya karena menguatnya permintaan dan juga dampak stimulus ekonomi dari pemerintah.

Dalam laporan SKDU diterima di Jakarta, Rabu, BI mencatat nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada kuartal I 2021 sebesar 4,5 persen atau membaik dari -3,9 persen pada kuartal IV 2020.

“Peningkatan didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang telah positif antara lain sektor pertambangan dan penggalian yang memiliki SBT 2,93 persen, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan dengan SBT 0,96 persen, serta sektor industri pengolahan 0,83 persen,” tulis BI dalam laporannya, seperti dilansir Antara, Rabu (14/4/2021).

Menurut responden survei, peningkatan kinerja pada sektor pertambangan dan penggalian didorong oleh permintaan yang menguat serta kebijakan pemerintah yang mendukung perekonomian.

Sedangkan peningkatan di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan didorong oleh musim panen raya pada komoditas tanaman bahan makanan di beberapa sentra pangan nasional seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

Namun di sisi lain, sektor konstruksi mengalami penurunan yang lebih dalam dengan SBT -0,65 persen karena masih terbatasnya kegiatan pembangunan maupun baru dimulainya proses tender proyek.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button