Nusantara

Sumatera Selatan Hadapi Ancaman Bencana Alam

INDOPOSCO.ID – Sumatera Selatan menghadapi ancaman bencana alam seperti angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir bandang, seiring meningkatnya intensitas hujan beberapa hari terakhir.

Kapala Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumatera Selatan Ansori mengatakan daerah tersebut antara lain Kota Palembang, Pagaralam, Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, dan Banyuasin.

“Kalau sesuai dengan karakteristik wilayahnya masuk dalam ancaman bencara itu,” kata Ansori seperti dikutip Antara, Kamis (2/9/2021).

Ia menjelaskan pada Rabu (1/ 9), sedikitnya 12 wilayah di Kota Palembang tergenang banjir setinggi 1 hingga 1,5 meter yang menyebabkan kemacetan kendaraan di ruas jalan. Lalu di hari yang sama dilaporkan 15 rumah warga di Desa Mukti Jaya Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin mengalami rusak berat akibat terpaan angin puting beliung, sementara juga di Kabupaten Lahat mengalami hal yang sama.

Namun, meskipun daerah-daerah tersebut masuk dalam peta bencana alam besar, pihaknya belum menetapkan status kedaruratan karena saat ini baru mulai masuk musim penghujan. Sekaligus juga masih fokus menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini berstatus siaga darurat bencana.

“Belum karena saat ini baru mulai masuk musim penghujan, kami masih menetapkan status darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” ujarnya. (mg3/wib)

Sponsored Content
Back to top button