Nasional

Sukseskan Indonesia Spice Up the World dengan Pemetaan Produk Unggulan Desa

INDOPOSCO.ID – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memetakan komoditas dan produk unggulan di desa-desa seluruh Indonesia. Kegiatan ini untuk menyukseskan rencana aksi Indonesia Spice Up the World.

“Kami mendapat tugas untuk melakukan pemetaan komoditas dan produk unggulan (ekspor kuliner dan bumbu) yang akan kita lakukan,” ungkap Abdul Halim Iskandar dalam keterangan, Kamis (29/4/2021).

Menurut dia, saat ini setidaknya sudah ada 338 desa memiliki produk unggulan rempah-rempah seperti halnya cengkeh, jahe, kapulaga, kayu manis, kemiri, kunyit, kencur, lada, pala, pinang, sereh, vanila dan kenari.

Dengan potensi tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Gus Menteri ini, BUMDes dapat bekerja sama dengan off taker termasuk eksportir untuk melatih warga, meningkatkan produksi dan memasarkan rempah-rempah dari desa.

Data yang ada menunjukkan ekspor komoditas vanila organik yang berasal dari Kabupaten Alor, NTT, sudah mencapai 1,65 ton dengan tujuan Jerman dan Amerika Serikat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button