Ekonomi

Stimulus PEN untuk Perkuat Daya Tahan UMKM

INDOPOSCO.ID – Pemberian anggaran bagi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dipastikan juga mencakup stimulus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertahan dari dampak pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Dialog Spesial indonesia Bicara: Digitalisasi dan UMKM di Jakarta, Senin (24/5), memastikan pemberian stimulus PEN bagi UMKM dalam APBN 2021 mencapai Rp191,3 triliun, dengan realisasi hingga akhir April sudah mencapai Rp37,7 triliun.

“Pemerintah menyediakan program PEN dukungan UMKM sebesar Rp191,13 triliun dan ini ditujukan untuk menjaga kelanjutan momentum pemulihan ekonomi,” katanya, seperti dilansir Antara.

Ia memastikan pemberian stimulus PEN tersebut penting karena UMKM merupakan soko guru perekonomian nasional dengan jumlah saat ini mencapai mencapai 64 juta, atau sekitar 99 persen dari struktur usaha di Indonesia.

Para pelaku UMKM ini juga berkontribusi sebanyak 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, serta mencakup 97 persen dari lapangan pekerjaan, sehingga pemerintah akan berupaya untuk mengoptimalisasi potensi dan produktivitas dengan mendorong digitalisasi atau on boarding bagi UMKM offline.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button