Nasional

Stimulus Listrik Capai Rp 11,72 T

INDOPOSCO.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan kebutuhan anggaran untuk program stimulus ketenagalistrikan pada 2021 mencapai Rp11,72 triliun.

Dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis, rincian anggaran tersebut adalah untuk diskon tarif sebesar Rp9,46 triliun serta untuk pembebasan rekening minimum, biaya beban, serta abonemen senilai Rp2,26 triliun.

Pemerintah sudah memperpanjang program stimulus ketenagalistrikan pada triwulan IV atau sampai Desember 2021. Sementara, sampai semester I 2021, stimulus listrik tersebut sudah memberikan manfaat kepada 32 juta pelanggan PT PLN (Persero).

Program stimulus ini merupakan bukti kehadiran negara untuk membantu masyarakat melewati masa- masa sulit seperti saat pandemi Covid-19 ini.

Beberapa pelanggan, yang memperoleh manfaat dari stimulus listrik tersebut antara lain Jaroti (65), yang membuka usaha industri rumahan pembuatan gitar gambus dan gendang di Bukit Intan, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. Beliau berterus terang pandemi Covid-19 sudah membuat usahanya terpuruk.

“Biasanya saya menjual gitar gambus dan gendang ke sekolah-sekolah. Tetapi semenjak pandemi, pesanan menurun. Sekolah punya fokus yang lain,” ucapnya.

Kakek Jaroti, biasa dipanggil, menyampaikan sebagai pelaku UMKM, yang berlangganan listrik golongan industri 900 VA, dirinya terbantu keringanan biaya beban atau abonemen 50 persen dari pemerintah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button