Headline

Sri Lanka Bakal Larang Burkak dan Tutup Seribu Sekolah Islam

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Sri Lanka akan melarang pemakaian burkak dan menutup lebih dari seribu sekolah Islam. Ini sebagai tindakan terbaru yang memengaruhi populasi Muslim minoritas di negara itu.

Menteri Keamanan (Menag) Publik Sarath Weerasekera mengaku telah menandatangani sebuah surat pada untuk persetujuan kabinet yang melarang penutup wajah penuh yang dikenakan oleh beberapa wanita Muslim dengan alasan ‘keamanan nasional’.

“Pada masa-masa awal kami, wanita dan gadis Muslim tidak pernah mengenakan burkak. Itu adalah tanda ekstremisme agama yang muncul baru-baru ini. Kami pasti akan melarangnya,” katanya dalam konferensi pers, Sabtu (13/3/2021).

Pemakaian burkak di negara mayoritas Buddha untuk sementara dilarang pada 2019 setelah pemboman gereja dan hotel oleh militan Islam yang menewaskan lebih dari 250 orang.

Belakangan tahun itu, Gotabaya Rajapaksa, yang terkenal karena menghancurkan pemberontakan selama puluhan tahun di utara negara itu sebagai menteri pertahanan, terpilih sebagai presiden setelah menjanjikan tindakan keras terhadap ekstremisme.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button