Nasional

Spirit Kemerdekaan Akselerasi Puskesos Wujudkan Kesejahteraan Sosial di Masa Pandemi

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak kepada seluruh jajarannya untuk menggelorakan spirit kemerdekaan dan gotong royong dengan mengakselerasi berbagai layanan sosial di tengah masyarakat, terlebih di saat Pandemi Covid-19 masih melanda Ibu Pertiwi.

Menindaklanjuti ajakan tersebut, Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sebagai perpanjangan tangan Kementerian Sosial (Kemensos) semakin giat menjangkau masyarakat kurang mampu. Berbagai layanan pun diberikan mulai dari membantu proses penyaluran bantuan sosial hingga konsolidasi dengan berbagai pihak terkait untuk verifikasi dan validasi data bantuan sosial.

Salah satunya dilakukan oleh Puskesos Mekar Tanjung di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Selama masa pandemi, Puskesos Mekar Tanjung memastikan kemudahan akses Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) terhadap multiprogram atau layanan.

“Kami telah melakukan pendataan bantuan sosial (bansos), pembaruan data anak yatim, data disabilitas, data jompo, data anak terlantar, dan koordinasi dengan RT/RW dalam verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ungkap Andi, koordinator Puskesos Mekar Tanjung, Minggu (8/8/2021).

Tak hanya itu, Andi dan tim juga melakukan integrasi layanan sosial di daerah yang menjadikan fungsi layanan menjadi lebih responsif dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Tak tanggung-tanggung, dengan menggandeng Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) terjun langsung ke lapangan untuk menyerahkan bantuan sosial berupa alat kesehatan bagi warga yang sakit.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button