Olahraga

Spanyol Klaim Timberwolves Halangi Juancho Tampil di Olimpiade

INDOPOSCO.ID – Minnesota Timberwolves disebut menghalang-halangi Juancho Hernangomez untuk membela Spanyol di Olimpiade Tokyo. Dan itu dianggap merugikan Spanyol oleh Federasi Bola Basket Spanyol.

Hernangomez sendiri mengalami cedera bahu kirinya selama dua setengah pekan lalu tetapi Spanyol tetap memasukkannya namanya untuk tampil di Olimpiade. Bahkan Hernangomez sudah berada Tokyo dan mengikuti upacara pembukaan Olimpiade, Jumat (23/7/2021) lalu. Dia ingin bermain namun Federasi Bola Basket Spanyol diminta Timberwolves untuk tidak menurunkan pemain yang bersangkutan.

“Juancho ingin bermain di Olimpiade, tapi Juancho tak akan bisa bermain,” kata Presiden Federasi Spanyol Jorge Garbajosa seperti dikutip Antara, Minggu (25/7/2021).

Dalam konferensi pers dari Tokyo, Jorge Garbajosa menyatakan pihaknya sudah sudah menggelar pertemuan medis yang tak terhitung jumlahnya dan pihaknya tak pernah mendapatkan kata ‘tidak.’ untuk menurunkan Hernangomez.

“Kami tak punya masalah dengan Minnesota Timberwolves atau NBA. Ini soal orang –bukan orang medis– yang secara pribadi memutuskan Juancho tak boleh bermain. Saya tengah membicarakan dengan presiden operasi klub bola basket mereka (Gersson Rosas),” katanya.

Sabtu sore Rosas mengeluarkan pernyataan menjelaskan sikapnya bahwa NBA mendukung keputusan pemain-pemain internasional bermain bersama tim nasional mereka dan menghargai hasrat Juancho dan Federasi Spanyol untuk mewakili negara mereka. “Sayang, Juancho menghadapi cedera aktif,” kata Rosas.

“Berdasarkan rekomendasi dokter tim kami, Juancho membutuhkan waktu untuk pulih dan merehabilitasi cederanya, dan jadwal tersebut membatasi kesiapan Juancho berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo. Rencana pemulihan yang sudah ditentukan adalah jalan ke depan yang terbaik demi kesembuhan Juancho,” sambung Rosas.

Tim Spanyol menghabiskan waktu lima hari persiapan di Las Vegas sebelum terbang ke Tokyo. Garbajosa menyatakan Timberwolves ada di kota itu tapi tidak berusaha menemui Hernangomez.

“Jawaban mengenai apakah Juancho bisa bermain adalah ‘ya’ dan evaluasi selanjutnya adalah setelah Olimpiade,” kata Garbajosa. “Sejak itu sampai Timberwolves menyatakan bahwa dia tak boleh bermain, adalah serangkaian fakta yang menunjukkan keputusan itu bukan keputusan medis. Bahkan pelatih Timberwolves (Chris Finch) memberi selamat kepada Juancho yang sudah berada di Tokyo. Tidak ada yang meragukan dia bisa bermain.”

Hernangomez (25) memiliki rata-rata 7,2 poin dan 3,9 rebound dalam 52 pertandingan (enam kali menjadi starter) untuk Timberwolves musim lalu. Dia memiliki rata-rata karir 5,7 poin dan 3,5 rebound dalam 257 pertandingan (57 starter) selama lima musim bersama Denver Nuggets (2016-2020) dan Timberwolves. (wib)

Sponsored Content
Back to top button