Olahraga

Southgate Tetap Ingin Latih Inggris Hingga Piala Dunia

INDOPOSCO.ID – Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku bertanggung jawab penuh atas kekalahan timnya di adu penalti melawan Italia pada final Euro 2021. Namun dia menyatakan tetap ingin melatih Inggris hingga Piala Dunia.

“Mengenai penalti, itu keputusan saya dan sepenuhnya berada di tangan saya,” kata Southgate seperti dikutip Antara, Senin (12/7/2021).

Dia mengatakan jika mereka sudah menarik dua penendang penaltinya lebih awal dan hal itu memaksa terjadinya pergantian penendang. Ia mengatakan bahwa dirinya dan tim pelatih sudah memantau apa yang sudah pemain lakukan bersama klub dalam waktu yang lama serta di latihan dan menurutnya itu sudah cukup baik.

“Kami mempunyai dua (penendang penalti) yang ditarik keluar lebih cepat di pertandingan, jadi itu membuat kami melakukan pergantian. Kami sudah memantau apa yang sudah mereka lakukan di klub dalam waktu yang lama dan mereka sudah menunjukkannya di latihan jadi proses ini berjalan baik bagi kami di Rusia dan Nations League, tapi malam ini tidak berjalan semestinya,” ujar Southgate.

Dalam kesempatan itu, Southgate mengaku tetap ingin melatih skuad Three Lions untuk Piala Dunia 2022. Meski CEO Federasi Sepak Bola Inggris (FA Mark Bullingham mengatakan ingin memberikan Southgate kontrak baru, Southgate mengatakan saat ini ia tidak terlalu memikirkannya.

“Saya tidak berpikir sekarang adalah waktu yang tepat untuk memikirkannya. Kami harus lolos ke Qatar. Saya perlu waktu untuk pergi dan merenungkan Euro 2020. Saya butuh istirahat. Ini adalah pengalaman yang luar biasa, tetapi memimpin negara Anda di turnamen ini membutuhkan pengorbanan,” ujar pelatih berusia 55 tahun itu.

“Saya mengatakan pada saat itu, sangat bagus untuk memiliki dukungan internal, Anda sangat menghargai itu sebagai seorang pelatih. Saya tak ingin berkomitmen untuk sesuatu yang lebih lama dari yang seharusnya, dan saya tidak ingin bertahan lebih dari yang saya inginkan sehingga semua hal itu perlu dipertimbangkan. Saya hanya ingin membawa tim ini ke Qatar, saya merasa kami telah membuat kemajuan selama empat tahun, kami mampu finis keempat, ketiga dan kedua, dan itu sama bagusnya dengan siapa pun,” ungkap Southgate.

Pada pertandingan final Euro 2020, Inggris sebenarnya berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-2 melalui bek sayap Luke Shaw. Namun di babak kedua, Italia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-67 setelah bek senior Leonardo Bonucci berhasil memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Inggris.

Setelah bermain imbang selama 120 menit, pada akhirnya pertandingan dilanjutkan menuju babak adu penalti. Pada babak penalti, tiga penendang Inggris yaitu Marcus Rashford, Jadon Sancho dan Bukayo Saka gagal melakukan tugasnya dengan baik. Di sisi lain, tiga penendang Italia yaitu Domenico Berardi, Leonardo Bonucci dan Federico Bernardeschi berhasil menjebol gawang Inggris. Hasil ini membuat Italia keluar sebagai juara Euro 2020 dengan keunggulan penalti 3-2 (1-1). (wib)

Sponsored Content
Back to top button