Nasional

Sosiolog Nilai Viralnya Kasus Akidi Tio Karena Masyarakat Tengah Krisis

INDOPOSCO.ID – Sosiolog asal Universitas Gajah Mada (UGM) Derajad Widhyharto mengatakan, masyarakat Indonesia saat ini tengah mengalami krisis. Banyak masyarakat sangat berharap banyak dari proses yang lebih cepat dan terjangkau.

“Terlepas dari ada atau tidak bantuan itu, kita telah melupakan mengapa bantuan itu muncul. Karena kita dalam kondisi krisis,” kata Derajad Widhyharto menanggapi berita kasus keluarga Akidi Tio melalui gawai, Rabu (4/8/2021).

Lebih jauh ia mengungkapkan, selama masa pandemi birokrasi bantuan sangat sulit. Bahkan lebih sulit sebelum terjadinya pandemi.

“Birokrasi bantuan sekarang harus konfirmasi ini, konfirmasi itu. Butuh ini butuh itu. Jadi respon terhadap kecepatan pelayanan dari pemerintah kurang,” katanya.

Terkait bantuan senilai Rp2 triliun yang kemudian heboh tersebut, dikatakan Derajad, karena dilakukan oleh keturunan Tionghoa. Sebab, keberadaan mereka di Indonesia sangat termarjinalkan.

“Etnis Tionghoa beda dengan Arab dan etnis lain. Coba kalau yang sumbang orang bule putih atau Arab, maka akan dihebat-hebatkan. Apalagi penyumbang penghafal Al-Qur’an, Habib atau lainnya,” ungkapnya.

“Namun, begitu penyumbangnya Tionghoa, selalu termarjinalkan kemudian kita skeptis,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button