Nasional

Sosialisasi, Langkah Jitu Bea Cukai Edukasi Ketentuan Cukai ke Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka meningkatkan kepatuhan pengguna jasa dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait ketentuan cukai, Bea Cukai secara kontinyu melakukan sosialisai dan asistensi di berbagai daerah.

Di Denpasar, Bea Cukai Denpasar melakukan sosialisasi mengenai tata cara pendaftaran nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC) kepada sejumlah pengusaha tempat penjualan eceran minuman beralkohol secara daring melalui media zoom. Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut pertukaran data dan informasi bersama Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Badung dan Tabanan.

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai V Bea Cukai Denpasar, Syahriza, menjelaskan bahwa seluruh layanan Bea Cukai Denpasar tidak dipungut biaya atau gratis termasuk untuk pengurusan izin NPPBKC. “Proses pendaftarannya dilakukan secara online melalui aplikasi SiMade BC Denpasar dan website bcdenpasar.beacukai.go.id. Terdapat janji layanan untuk pengurusannya sehingga lebih akuntabel. Harapannya masyarakat lebih patuh dan mengetahui bahwa memiliki NPPBKC itu wajib dan mudah,” tambah Syahriza.

Pada kesempatan yang sama, Bea Cukai Pekanbaru melakukan asistensi pembukuan dan pencatatan pengusaha pemegang NPPBKC di lingkungan Bea Cukai Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lancang Kuning Bea Cukai Pekanbaru dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button