Ekonomi

Soal Kebocoran Data, Ini Penjelasan BRI Life

INDOPOSCO.ID – PT Asuransi BRI Life langsung melakukan investigasi maraton terkait beredarnya informasi di media sosial bahwa ada dugaan kebocoran data nasabah perseroan. Dari hasil investigasi akhirnya diketahui bahwa klaim kebocoran itu tidak benar.

Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution mengatakan, berdasarkan hasil investigasi hingga Rabu (28/7/2021) kemarin, ditemukan faktas bahwa klaim jumlah kebocoran data tidak benar. BRILife telah bergerak cepat melakukan investigasi internal atas kejadian tersebut dan ditemukan bukti bahwa pelaku kejahatan siber melakukan intrusi ke dalam sistem BRILife Syariah yang merupakan stand alone system dan terpisah dari core system BRILife.

“Pada sistem tersebut terdapat tidak lebih dari 25 ribu pemegang polis syariah individu, dimana data tersebut tidak berkaitan dengan data BRILife maupun BRI Group lainnya,” ujar Ade seperti dikutip Antara, Kamis (29/7/2021).

Ade juga memastikan bahwa data BRI dan BRI Group aman. Kejadian tersebut tidak memberikan dampak kepada data nasabah BRI maupun BRI Group lainnya. “Tak ada lateral action terhadap portofolio yang lain, karena system ini stand alone,” katanya.

Selanjutnya, link awal di forum jual beli yang menawarkan data nasabah yang diduga bocor tersebut sudah tidak dapat ditemukan. “Saat ini link awal di forum jual beli yang sempat viral pada media sosial sudah tidak dapat ditemukan lagi,” ujar Ade.

BRI Life juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penegakan hukum atas dugaan bocornya data nasabah tersebut. Sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi kepentingan nasabah, BRILife sudah merespon insiden ini dan melakukan tindakan cepat dengan cara berkoordinasi pada pihak-pihak terkait, dalam hal ini kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

“Untuk kepentingan penegakan hukum, BRILife juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri dan Badan Sandi dan Siber Negara,” kata Ade.

Ade mengungkapkan, BRI Life menjamin keamanan polis nasabah. Perseroan memastikan data pemegang polis tak berubah dengan data awal yang ada pada sistem. Selanjutnya, BRILife akan berkoordinasi dengan para pemegang polis syariah untuk memastikan layanan kepada mereka tetap dilakukan sesuai manfaat polisnya.

Apabila pemegang polis memerlukan penjelasan lebih lanjut atau bantuan, dapat segera menghubungi layanan resmi BRI Life melalui Call Center di Nomor 1500087, WhatsApp Corporate 0811-935-0087 atau email [email protected] (wib)

Sponsored Content
Back to top button