Internasional

Situasi Afghanistan Memburuk, Pemerintah Pertahankan KBRI Kabul

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia belum berencana menutup KBRI Kabul walaupun situasi keamanan di Afghanistan memburuk setelah gerilyawan Taliban menguasai ibu kota negara itu serta Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke luar negeri.

“Misi diplomatik Indonesia di Kabul masih beroperasi,” ucap Direktur Perlindungan WNI serta BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha melalui pesan singkat, Senin (16/8), dikutip dari Antara.

Menurut Judha, tujuan diplomatik Indonesia akan dioperasikan oleh staf esensial yang terdiri dari unsur diplomat ataupun unsur keamanan.

Mengantisipasi eskalasi keamanan, Kemlu serta KBRI Kabul sudah melakukan pertemuan secara virtual dengan warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Afghanistan untuk memantau situasi serta menjelaskan langkah persiapan evakuasi.

“Keselamatan serta kesehatan WNI, termasuk staf KBRI, jadi prioritas penting,” tutur Judha, tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai rencana evakuasi yang disiapkan pemerintah.

Judha mengatakan, sampai saat ini ada 15 WNI yang sudah melaporkan keberadaannya di Afghanistan. Jumlah tersebut belum termasuk staf yang bertugas di KBRI Kabul.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button