Nasional

Sinergi Masyarakat Jadi Hal Penting Penanganan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, penguatan seluruh unsur dan komponen daerah menjadi penting dalam penanganan Covid-19. Mengingat kasus positif masih tinggi dan dalam situasi dinamis.

Basis kekuatan di daerah antara lain, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, unsur BUMN dan segenap komponen lainnya.

“Kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Karena itu, kita semua harus bahu-membahu untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19 ini,” kata Hadi Tjahjanto usai meninjau pelaksanaan isolasi mandiri terpusat di Rumah Dinas Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/7/2021).

TNI dan Polri ikut andil membantu pelacakan (tracing) dalam penanganan Covid-19. Sejalan dengan pemerintah yang terus meningkatkan testing dan tracing ke sejumlah pemukiman padat penduduk.

“TNI-Polri memiliki tugas melaksanakan tracing kontak erat, vaksinasi dan pembagian obat serta menyiapkan fasilitas vaksinasi. Pelaksanaannya diawasi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujar Hadi.

Hal itu untuk menghindari adanya transmisi antar anggota keluarga dan mencegah terjadinya kasus kematian akibat Covid-19.

“Apabila hasil tracing itu ditemukan hasil positif supaya mau dirawat di tempat isolasi tepusat. Supaya ini bisa diisolir dan tidak menyebarkan virus ke mana-mana,” tutur Arief.

Sesuai arahan Panglima TNI, Pemerintah Kota Semarang mendorong sinergitas antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas Kesehatan dan lintas unsur terkait meningkatkan upaya tracing kontak erat dan pelaksanaan program vaksinasi.

“Kami akan mendorong bagaimana menggabungkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan teman-teman Dinas Kesehatan untuk tracing dan vaksinasi,” imbuh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. (dan)

Sponsored Content
Back to top button