Nasional

Sinergi Kementan-IPDMIP Gelar Workshop Bagi Penyuluh

INDOPOSCO.ID – Pertanian yang maju, mandiri dan modern ditentukan oleh kemampuan sumberdaya manusia (SDM) pertanian, maka terlebih dahulu tingkatkan kapasitas penyuluh untuk meningkatkan kemampuan petani berproduksi sekaligus produktivitas pertanian.

Kementerian Pertanian RI didukung Proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) berupaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi penyuluh pada 74 kabupaten di 16 provinsi, di antaranya melalui workshop pada tiga kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yakni Pesisir Selatan, Lima Puluh Kota dan Sijunjung baru-baru ini.

“Penyuluh harus menjadi penembak jitu dengan amunisi pupuk, benih, traktor dan combine harvester. Artinya, penyuluh yang mampu membidik, mengeksekusi dan memanfaatkan potensi di wilayah binaannya,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Dia menyatakan dukungan penuh pada dukungan dan upaya IPDMIP meningkatkan kapasitas penyuluh di wilayah kerjanya.

“Kementan mendukung pengembangan penyuluh daerah irigasi. IPDMIP mengajarkan banyak hal, on farm maupun off farm terutama akses pasar melalui pendekatan rantai nilai dan sistem keuangan pedesaan,” katanya.

Sinergi Kementan dan IPDMIP, sejalan dengan harapan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, dilaksanakan secara maksimal, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat pedesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button