Nasional

Simulasi Program Literasi Digital itu Ada di Ruang Pamer

INDOPOSCO.ID – Sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo mengenai Percepatan Transformasi Digital Nasional khususnya terkait pengembangan sumberdaya manusia (SDM) digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Basket Hall, Jakarta belum lama ini.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini kemudian mendapatkan apresiasi dan penghargaan Rekor Museum Republik Indonesia (Muri) untuk Pertemuan Daring Peserta Terbanyak.

”Program literasi digital adalah sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat, di mana saat ini terdapat setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia. Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet yang salah satunya ditandai dengan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai total valuasi USD 124 miliar pada 2025 mendatang,” ujar Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

“Di saat bersamaan, literasi digital adalah sebuah keniscayaan untuk membentengi warganet dari dampak-dampak negatif internet,” tambahnya.

Dalam kegiatan peluncuran ini juga dihadirkan beragam ruang pamer Program Literasi Digital yang terinspirasi dari 4 Pilar Literasi Digital yang terdiri dari digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety, yang menjadi dasar menciptakan Digital Nation yang sehat, kuat dan berdaya.

Ruang pamer ini merupakan simulasi dari berbagai program literasi digital oleh Kominfo, Siberkreasi, WIR Group, Shinta VR, Paberik Soeara Rakjat, dan SMK Coding. Kominfo bersama Siberkreasi menyajikan kelas Podcast secara gratis, dengan materi komprehensif termasuk demo pembuatan podcast, hardware & Software Breakdown, sampai ke taping podcast.

Kelas podcast yang diadakan oleh GNLD Siberkreasi Kementerian Kominfo merupakan kelas podcast gratis dengan materi komprehensif dan peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dengan rata-rata peserta dalam satu seri kelas, yakni 3.000 peserta. Pada batch pertama kelas Podcast pada 2020 telah mencetak 5.000 podcaster baru. Selain Kominfo dan Siberkreasi, yang akan menampilkan showcase Podcast yakni Paberik Soeara Rakjat.

Sedangkan WIR Group menampilkan teknologi Augmented Reality yang kali ini menghadirkan kecanggihan untuk ‘menghidupkan’ beberapa Presiden Republik Indonesia, melalui foto dari Soekarno, Abdurrahman Wahid, dan tentunya Pak Joko Widodo. Tiap foto merupakan ‘marker’ untuk menjalankan content digital yang telah tersimpan di dalam gadget yang digunakan oleh user.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button