Nasional

Siap-siap! Enam Sektor Ini Diberlakukan Syarat Wajib Vaksin

INDOPOSCO.ID – Pemerintah tengah menyiapkan kebijakan berdamai dengan Covid-19. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan skrining vaksin Covid-19 di sektor layanan pendidikan, pariwisata, perkantoran hingga perdagangan.

Juru Bicara Vaksinasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pandemi Covid-19 tidak diketahui kapan berakhirnya. Demikian pula virus Covid-19 yang akan berada di sekeliling. Menurut dia, harus diantisipasi agar tidak menimbulkan kejadian luar biasa (KLB).

“Kalau kasus semakin turun. Bisa saja virus yang ada di sekitar kita ini akan muncul KLB, seperti misalnya demam berdarah. Ini harus diwaspadai,” ujar Siti Nadia Tarmizi dalam acara daring, Kamis (14/8/2021).

Untuk mengantisipasi, dikatakan Nadia, ke depan dibutuhkan road map hidup berdampingan dengan Covid-19. Saat ini ada enam sektor yang akan diberlakukan. Seperti sektor perdagangan, meliputi pasar modern, pasar tradisional. Lalu sektor perkantoran, industri, transportasi, pariwisata, peribadatan dan pendidikan.

“Pilot projek akan dilakukan di 6 sektor ini. Apalagi vaksinasi sudah hampir 70 persen untuk Jawa dan Bali,” katanya.

Ia menyebut, pilot projek yang sudah berjalan salah satunya untuk sektor perdagangan, khususnya pusat perbelanjaan modern (mall). Tentu kebijakan tersebut harus diikuti penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Kita gunakan teknologi informasi dan ke depan ini akan digunakan. Jadi tidak manual, harus bawa kartu vaksin,” ucapnya.

Kebijakan berdamai dengan Covid-19, lebih jauh Nadia mengungkapkan, masyarakat yang sudah divaksin bukan keluarga bisa saja duduk berdekatan seperti di restauran atau rumah makan. Namun mereka yang belum divaksin cukup melakukan transaksi dengan dibawa ke rumah (take away).

“Saat ini sedang kita siapkan infrastruktur. Jadi ini yang akan kita sesuaikan, yakni adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button