Nusantara

Setiap Dua Bulan, Kalbar Ekspor Durian 53 Ton ke China

INDOPOSCO.ID – Kepala Dinas Tanaman Pangan serta Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Florentinus Anum menjelaskan setiap dua bulan sekali Kalbar mengekspor 53 ton durian ke China.

“Dari data Badan Karantina Pertanian Kelas 1 Pontianak tercatat setiap dua bulan sekali di tahun ini dari Kalbar ekspor durian beku sudah lumayan capai 53 ton,” tutur Florentinus Anum seperti dikutip Antara, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan sejak Februari, April, Juni 2021 ekspor durian itu dalam bentuk beku. Menurutnya, di Kalbar ada beberapa pabrik pengolahan durian.

“Pabrik durian tersebut siap menampung. Nah, tinggal perkuat kelembagaan petani melalui poktan (kelompok tani). Nanti membuat perjanjian kerja sama dengan pabrik. Dengan begitu pasar serta harga pasti terjamin,” tuturnya.

Untuk luas panen dan produksi durian di Kalbar sendiri, pada 2020 luas panen 1. 268 hektare dengan produksi 14. 672 ton. “Pada 2020 ada penurunan produksi (durian) dari tahun sebelumnya yang mencapai 27. 207 ton dari luas panen 2. 851 hektare,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button