Nasional

SETARA: Setop Kriminalisasi Petani Kopsa-M Batu Uji Visi Presisi Polri

INDOPOSCO.ID – Transformasi Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi), dinilai belum sepenuhnya dipedomani jajaran kepolisian khususnya di tingkat Polres dan Polsek.

Baru-baru ini publik dikejutkan peristiwa-peristiwa dalam tubuh kepolisian yang tak menggambarkan konsep Presisi. Seperti Peristiwa terkait Brigjen Junior Tumilaar, tanda pagar #PercumaLaporPolisi dan pedagang jadi tersangka di Deli Serdang.

“Pembiaran mafia tambang di Sulawesi Utara yang menewaskan warga, telah menggenapi berbagai peristiwa sebelumnya, utamanya terkait praktik kriminalisasi,” kata Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, visi Presisi merupakan gambaran dari tekad Polri untuk melakukan predictive policing yang responsible, transparan dan berkeadilan.

“Visi ini salah satunya diturunkan dalam bentuk pengutamaan restorative justice dalam penanganan perkara pidana tertentu. Kecuali terkait mafia tambang PT BDL, pada tiga peristiwa lainnya,” ujar Bonar Tigor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button