Nasional

Sertifikasi Profesi yang Kredibel, Kemnaker: Ini Adalah Pertaruhan

INDOPOSCO.ID – Plt. Direktur Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja, Kementeriaan Ketenagakerjaan (Kemnaker) Muchtar Aziz mengapresiasi, atas penandatanganan 160 Skema Sertifikasi Nasional LSP P1 Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Kemitraan serta Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Program link and match ini konsep yang sudah lama. Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) kerap dikeluhkan oleh dunia industri,” ujar Muchtar Aziz saat penandatanganan160 Skema Sertifikasi Nasional LSP P1 Pendidikan Tinggi Vokasi Direktorat Kemitraan serta Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Ia mengatakan, kesulitan dunia industri untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten karena, salah satunya standar kompetensi di dunia industri berbeda dengan pendidikan tinggi. Dan ini, menurut Muchtar menjadi tantangan tersendiri.

“Kompetensi apa yang dibutuhkan oleh industri? Mereka (dunia industri) tidak kasih tahu. Jadi kita kesulitan untuk memenuhi kebutuhan industri,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button