Nusantara

Serbuan Vaksinasi Pasmar 3 Sasar Masyarakat Papua Barat

INDOPOSCO.ID – Komandan Pasukan Marinir (Pasmar) 3 Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto mengatakan, percepatan vaksinasi di wilayah kerja Pasmar 3 merupakan bagian sinergitas Korps Marinir TNI AL, khususnya Pasmar 3 dengan pemerintah daerah Provinsi Papua Barat. Upaya tersebut dalam rangka menekan dan mengendalikan laju penularan Covid-19.

“Serbuan vaksinasi massal yang diprakarsai oleh Pasmar 3 bersama Dinas Kesehatan Papua Barat dalam menyambut Hari Pramuka ke-60,” ujar Y. Rudy Sulistyanto dalam keterangan, Jumat (6/8/2021).

Vaksinasi yang dilaksanakan di Alun-alun Kota Baru Aimas, Puskesmas Mariat dan Puskesmas Mayamuk Kabupaten Sorong tersebut dilakukan bertahap, berlanjut dan berkesinambungan. Kegiatan vaksinasi ini, menurut Rudy sebagai bentuk peran aktif dan aksi kemanusiaan TNI AL dalam memerangi Covid-19.

“Langkah ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dan pembentukan Herd Immunity masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakatoni mengatakan, vaksinasi Bakti Pramuka dipusatkan di wilayah Kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Sebab, daerah tersebut berdekatan dan memiliki mobilitas penduduk cukup tinggi.

“Mobilitas penduduk di dua wilayah tersebut cukup tinggi, dimana setiap saat dan waktu saling bersinggungan,” ujarnya.

Perlu diketahui, sebanyak 1000 dosis vaksin jenis Sinovac untuk tahap pertama telah disiapkan pada vaksinasi Bhakti Pramuka di Papua Barat. Tenaga vaksinator atau tenaga medis berasal dari Balai Kesehatan Pasmar 3, Denkesyah Korem 181/PVT dan para tenaga medis UPTD Puskesmas Kota Sorong. (nas)

Sponsored Content
Back to top button