Ekonomi

Semester I-2021, BNI Cetak Laba Bersih Rp5 Triliun

INDOPOSCO.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencetak laba bersih Rp5 triliun sepanjang semester I 2021 atau tumbuh 12,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu Rp4,45 triliun.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakanlaba tersebut merupakan buah dari perseroan yang terus memperkuat fundamental bisnisnya melalui BNI Corporate Transformation yang mulai menunjukkan hasil positif sebagai modal dalam menghadapi tantangan serta persaingan pada industri keuangan.

“Perseroan menghasilkan Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) yang terus berkembang dalam 5 kuartal terakhir, di mana pada semester satu 2021 mencapai puncaknya dengan pertumbuhan 24,4 persen secara year on year atau sebesar Rp16,1 triliun,” ucap Royke saat jumpa pers secara virtual di Jakarta, Senin (16/8).

PPOP tersebut ditopang oleh kuatnya pertumbuhan pendapatan bunga bersih sebesar 18,2 persen (yoy) atau mencapai Rp19,3 triliun. Hal itu merupakan dampak dari pertumbuhan kredit sebesar 4,5 persen secara tahunan, sehingga total kredit BNI mencapai Rp569,7 triliun pada Juni 2021.

PPOP juga dibantu oleh pertumbuhan pendapatan nonbunga sebesar 19,2 persen (yoy) atau Rp6,8 triliun, yang diperoleh dari fee based income baik dari pengelolaan rekening dan kartu debit, ATM serta kanal layanan elektronik, trade finance, dan marketable securities.

Royke menyatakan laba bersih meningkat menyusul pencadangan yang terus diperkuat menjadi 215,3 persen sebagai antisipasi dalam menghadapi potensi risiko kredit ke depan.

Emiten berkode saham BBNI itu mencatatkan penyaluran kredit yang sehat dengan didominasi oleh sektor-sektor usaha prospektif dengan risiko rendah, baik pada segmen business banking ataupun consumer banking.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button