Headline

Selundupkan 1 Ons Sabu, 18 Napi Kelas 1 Semarang Dipindah ke Nusakambangan

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 18 orang Narapidana asal Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang dipindahkan ke Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, Rabu (21/4/2021) pagi pukul 03.00 WIB.

Mereka dipindahkan ke Nusakambangan setelah petugas menemukan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 1 Ons dan unit Handphone di kamar hunian saat dilakukan razia pada Senin (19/4/2021) malam.

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham Reynhard Silitonga mengatakan pemindahan ini dilaksanakan untuk memutus jaringan narkoba.

“Kami komitmen pemberantasan narkoba di dalam lapas. Bagi narapidana yang masih bermain narkoba dan terlibat jaringan dipindahkan ke LP Nusakambangan untuk mutus jaringan,” kata Reynhard Silitonga kepada indoposco.id, Rabu (21/4/2021).

Jenderal bintang dua ini berharap dengan dilakukannya pemindahan napi narkoba kelas kakap, maka peredaran narkoba di Tanah Air bisa semakin berkurang. Hal ini mengingat akses komunikasi dari lapas di Nusakambangan ke luar, akan sulit dilakukan.

Dia juga menyatakan, para napi yang baru dipindahkan tersebut akan menempati lapas baru berstatus super maksimum security, Lapas Karanganyar dan Lapas Batu. Sedangkan lainnya, akan ditempatkan di Lapas Narkotika, Nusakambangan.

Pemindahan 18 orang Narapidana atas nama Yulius Kurniawan, Bin Tjong Hay Sen, dan kawan-kawan berdasarkan Ijin lisan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah sesuai surat pengantar Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang No.W13.PAS.PAS.1-PK.01.01.02- tanggal 20 April 2021.

Kalapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, I Putu Murdiana pemindahan tersebut dilakukan dengan pengawalan petugas atau pengawal terdiri dari 4 orang petugas Lapas Kelas I Semarang, 2 personel TNI dari Koramil Ngaliyan Semarang, 25 orang petugas dari Lapas Karanganyar dan 2 personel Polisi Sektor Nusakambangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button