Ekonomi

Sektor Pariwisata akan Dorong Pemulihan Ekonomi Daerah

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam sesi Pra-Munas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Pada 2020, kinerja sektor pariwisata memang susut karena pandemi. Jumlah wisman hingga devisa merosot. Jutaan pekerja sektor tersebut di berbagai daerah terdampak, sebagian bahkan di-PHK,” kata Menparekraf, Jumat (19/3/2021).

Oleh karena itu, ia mengajak semua untuk gerak cepat, gerak bersama, dan gaspol dalam mengoptimalkan semua potensi. Jika pariwisata dan ekonomi kreatif pulih, otomatis dampak positifnya juga ke daerah.

“Kami terus memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah. Kami ingin kebijakan Kemenparekraf dan pemkab saling sambung untuk pemulihan ekonomi berbasis pariwisata sesuai potensi di masing-masing daerah,” ujar pria yang akrab dipanggil Sandi ini.

Sandiaga menyatakan untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah melalui pariwisata, pemerintah menempuh banyak upaya, mulai hibah, stimulus, hingga berbagai program padat karya pariwisata. Hibah, misalnya, pada 2020 dikucurkan sebesar Rp3,3 triliun untuk 101 kabupaten/kota yang memiliki potensi pariwisata.

”Teman-teman bupati silakan sampaikan aspirasi ke kami, jika ada yang belum masuk sasaran hibah, mohon dikirim ke kami. Tahun 2021 ini akan terus kami tingkatkan,” ujar ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sandiaga juga mengajak para bupati untuk bersama-sama memulihkan ekonomi pariwisata pada 2021. Salah satu kunci pemulihan adalah pada penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability).

”Daerah-daerah yang paling banyak mengajukan sertifikasi CHSE di antaranya Bali, Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Banten, Sumut, Kepri, dan Riau. Mohon dukungan kepada para bupati untuk juga terus menggalakkan penerapan CHSE pada masing-masing usaha dan destinasi pariwisata yang ada di daerahnya,” ujar Menparekraf.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button