Headline

Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli, Pengamat: Belum Semua Siap

INDOPOSCO.ID – Persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru pada Juli 2021 masih minim. Sebab, banyak sekolah yang belum menyanggupi pelaksanaanya.

Pengamat pendidikan Doni Koesoema masih meragukan kesiapan sekolah di wilayah Indonesia dalam melakukan pembelajaran secara langsung. Karena masih banyak hal yang harus dipenuhi.

“Belum semua sekolah siap (PTM),” kata Doni Koesoema melalui gawai kepada INDOPOSCO, Jakarta, Selasa (8/6/2021

Ia mengingatkan setiap pemerintah daerah harus memastikan, bahwa peta zonasi risiko Covid-19 aman dan persiapan PTM sungguh-sungguh diperiksa dengan baik.

“Yang utama harus disiapkan adalah analisis objektif kondisi di kabupaten atau kota adalah aman, yaitu zona hijau atau kuning,” jelas Doni.

Jika sudah aman, maka kesiapan sekolah dan infrastruktur daerah yang mendukung PTM perlu disiapkan. Seperti, sarana fasilitas kesehatan dan transportasi umum untuk guru dan siswa ke sekolah.

“Lalu kesiapan infrastruktur di sekolah untuk prokes harus diperiksa daftarnya secara objektif,” ujar anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) itu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkap, lebih 1,54 juta guru dan tenaga kependidikan telah menerima vaksinasi Covid-19 hingga Jumat (28/5/2021).

Angka tersebut telah mencapai 28 persen dari target penerima vaksin dari kalangan guru dan tenaga kependidikan sebanyak 5,6 juta orang. Upaya ini dilakukan persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) yang digelar di tahun ajaran baru Juli 2021. (dan)

Sponsored Content
Back to top button