Nusantara

Segera Atasi Covid-19 di Kudus, Jangan Sampai Seperti Malaysia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah harus bergerak cepat mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah. Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher melalui gawai, Minggu (6/6/2021).

Menurut dia, seluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada di Kudus harus disiapkan menampung pasien. Untuk mengatasi kekurangan tempat tidur di rumah sakit, menurutnya, harus disiapkan rumah sakit darurat. ”Dukungan dari rumah sakit di seputar Kabupaten Kudus pun harus ada,” tandasnya.

Terkait kurangnya sumberdaya manusia (SDM) pemakaman jenazah korban Covid-19, dikatakan dia, jangan dibiarkan berlarut-larut. Ini agar tidak terjadi penumpukkan jenazah.

”Pemerintah harus cepat mengatasi hal ini dengan segera menambah SDM. Karena, berita dan foto antrean jenazah di pemakaman tentu dapat menjadi psywar tersendiri bagi masyarakat” terangnya.

Netty meminta agar pemerintah memperhatikan penegakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di Kudus . Aparat harus dikerahkan untuk memantau penerapan prokes dalam rangka PPKM Mikro.

”Masyarakat harus dipastikan taat dan disiplin dengan aturan 3M, terutama di tempat-tempat publik. Jangan sampai kita mengalami seperti Malaysia di mana saat ini sudah diberlakukan lockdown kembali,” katanya.

Sebelumnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus mengalami lonjakan serius. Tercatat sebanyak 196 nakes (tenaga kesehatan) terpapar Covid-19 dan satu orang meninggal dunia. Petugas pemakaman juga kewalahan akibat kurangnya SDM untuk membantu pemakaman jenazah. (nas)

Sponsored Content
Back to top button