Nasional

Sederhanakan Surat Suara Pemilu, KPU Pertimbangkan Berbagai Masukan

INDOPOSCO.ID – Saran dan masukan dari berbagai pihak akan dipertimbangkan dalam rencana penyederhanaan surat suara Pemilu Serentak 2024. “Masukan serta respon dari berbagai pihak pasti menjadi bagian yang akan dipertimbangkan untuk mengusulkan opsi penyederhanaan ini,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting Manik di Jakarta, Jumat (6/8).

Ia menjelaskan, KPU juga akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) serta simulasi dalam rangka mendapatkan respons baik dari pemilih, penyelenggara, serta peserta dan para pemangku lainnya.

Semua yang sedang dilakukan KPU disaat ini, lanjutnya, masih awal kajian serta perlu dilakukan simulasi lanjutan untuk sampai pada opsi yang akan ditetapkan.

”Masukan serta saran merupakan perihal yang sangat berarti untuk KPU dalam melakukan kajian untuk menyederhanakan surat suara Pemilu Serentak 2024,” ujar seperti dikutip Antara.

Adapun mengenai alasan penyederhanaan yang perlu diketahui publik di antaranya yaitu terkait beban kerja Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) yang tinggi sehingga Badan Ad Hoc terutama KPPS mengalami kelelahan secara fisik bahkan ada anggota yang meninggal bumi.

Tidak hanya itu penyederhanaan juga berangkat dari survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) di tahun 2019 yang menemukan kesulitan pemilih dalam memberikan suara karena banyaknya surat suara serta mengakibatkan tingginya jumlah suara tidak sah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button