Headline

Sayang Pidato Jokowi Absen Soal Korupsi di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Masalah korupsi menjadi hal krusial yang dihadapi bangsa Indonesia. Namun, Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR pada Senin (16/8/2021) sama sekali tidak menyinggung penanganan korupsi di Indonesia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pakar Hukum yang juga Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta A. Tholabi Kharlie di Jakarta, Senin (16/8/2021).

Dia sangat menyayangkan Presiden Jokowi absen membahas masalah tersebut. Pidato Jokowi hanya didominasi penanganan Covid-19.

anymind

“Sangat disayangkan, isu tentang pemberantasan korupsi absen dalam pidato Presiden dalam sidang tahunan MPR tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Dia mengingatkan, penanganan Covid-19 yang menyedot anggaran belanja negara cukup banyak semestinya secara linier diikuti dengan spirit pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Apalagi dalam survei Transparency Internasional pada tahun 2020 indeks persepsi korupsi di Indonesia melorot dari poin 40 pada 2019 menjadi 37 pada 2020,” bebernya.

Ia menambahkan, peringkat Indonesia dalam pemberantasan korupsi berada di rangking 102 dari 180 negara yang disurvei.

“Apalagi, dua pembantu presiden pada tahun lalu terlibat dalam kasus korupsi. Indonesia sedang tidak baik-baik saja khususnya dalam kasus korupsi,” katanya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button