Nusantara

Satu Botol Vaksin Sinovac Bisa Buat 10 Orang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mulai gencar melakukan vaksinasi sebagai bentuk ikhtiar menekan angka penularan Covid-19. Vaksin diharapkan dapat menciptakan kekebalan tubuh secara kelompok di masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M. Ikbal mengatakan, kini telah ada sistem vaksin multidos. Dari satu botol vaksin jenis sinovac, bisa digunakan untuk 10 orang.

“Total vaksin tahap dua ini ada 3.580 dikali 10. Karena sekarang satu botol itu bisa dibuat 10 orang. Makanya vaksin tahap dua ini multidos, dulu Nakes satu vial untuk satu orang, sekarang satu botol untuk 9 sampai 10 orang,” katanya, Selasa (2/3/2021).

Ia menerangkan, kapasitas satu botol vaksin untuk 10 orang telah sesuai prosedur. Sehingga pelaksanaan vaksin terpusat di fasilitas kesehatan dan Puskesmas. Sebab dalam waktu satu jam, calon penerima vaksin harus terkumpul minimal 10 orang.

“Kalau datang 3 orang, sudah satu jam, kita buang. Kita manfaatkan untuk 10 orang. Makanya kita kumpulkan agar efektif,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button