Nusantara

Satpol PP Kota Serang Kumpulkan Denda Rp4,1 Juta dari Pelanggar Prokes

INDOPOSCO.ID – Sejak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang dapat menyumbangkan Rp4.150.000 dari pelanggar protokol kesehatan untuk penanganan pandemi.

Uang itu terkumpul setelah petugas menerapkan sanksi denda dan tindakan pidana ringan (Tipiring), kepada masyarakat atau pelaku usaha yang bandel tidak menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Total denda Rp4.150.000, itu saja yang kita dapat langsung kita setorkan kas daerah,” kata Kepala Satpol PP Kota Serang, Kusna Ramdani, Rabu (14/7/2021).

Ia menyebutkan, para pelanggar di perkotaan dan komplek lingkungan jumlahnya flukuatif. Namun yang pasti, kesadaran menjalankan prokes masih minim. Sebab, masih ada masyarakat yang main kucing-kucingan dengan petugas.

“Flukuatif, ada perkotaan, perkampungan. Maklumlah, kalau lagi begini masyarakat kucing-kucingan ya, kalau ada petugas pakai masker, jaga jarak. Kalau nggak ada ya itu lagi,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam mengatur masyarakat harus memiliki kesabaran tinggi, melakukan teguran dengan persuasif dan penuh iklas. Sehingga, masyarakat dapat mengerti pentingnya prokes dalam situasi pandemi.

“Kalau di daerah perkotaan di protokol itu sudah bagus, tiap malam kita patroli. Untuk daerah samping, atau pinggiran, kita sudah koordinasikan dengan Satgas Covid kecamatan. Itu tiap alam ada agenda patroli,” tuturnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button