Nasional

Satgas: Relaksasi di Masa Pandemi Sering Disalahartikan

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengemukakan kebijakan relaksasi di tengah situasi pandemi COVID- 19 sering disalahartikan selaku kondisi aman.

” Relaksasi sering disalahartikan sebagai kondisi aman, alhasil aturan kesehatan dibiarkan serta penjangkitan kembali terjadi di masyarakat sampai menimbulkan kasus kembali bertambah,” ujarnya disaat menyampaikan keterangan kepada wartawan secara virtual yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Disaat relaksasi selama 13 sampai dengan 20 minggu terakhir, tutur dia, angka kasus COVID- 19 di Tanah Air kembali melonjak hingga 14 kali lipat, alhasil perlu menjadi refleksi penting pada pengetatan yang saat ini dilakukan.

Menurut dia selama ini keputusan relaksasi sering tidak diikuti dengan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan serta pengawasan protokol kesehatan yang ideal.

Karena itu, ujarnya, dibutuhkan kesepakatan dari semua unsur pemerintah serta masyarakat sebagai kunci agar kebijakan relaksasi berjalan efektif serta aman dan tidak menyebabkan kasus kembali meningkat.

” Relaksasi kebijakan perlu kehati- hatian. Berkaca pada langkah gas- rem yang diambil pemerintah selama satu setengah tahun pandemi ini, ternyata langkah relaksasi yang tidak tepat dan tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dengan baik dapat menyebabkan kenaikan kasus yang lebih besar,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button