Nasional

Satgas: Pelaksanaan Ibadah Iduladha itu Adaptasi Kebiasaan Baru

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) telah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 15, 16 dan 17 Tentang Kegiatan ibadah pada Hari Raya Iduladha. Ketiga SE tersebut menjadi acuan pelaksanaan kegiatan ibadah pada lebaran haji.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perubahan Perilaku, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sonny Harry Harmadi pada acara daring (17/7/2021).

Dia mengatakan, ketiga SE tersebut merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan virus Covid-19. Pada SE Nomor 15 menjelaskan secara umum kegiatan ibadah pada Hari Raya Iduladha.

Sementara, lanjut dia, pada SE Nomor 16 menjelaskan teknis pelaksanaan kegiatan ibadah pada wilayah di luar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Lalu pada SE Nomor 17 menjelaskan pelaksanaan kegiatan ibadah pada wilayah PPKM Darurat.

“Jadi jelas sekali ketiga SE Menag ini. Esensinya ibadah tetap dilaksanakan hanya caranya berubah. Dan ini adaptasi kebiasaan baru, karena masih pandemi,” terangnya.

Lebih jauh, ia katakan, sosialisasi pelaksanaan kegiatan ibadah pada Hari Raya Iduladha sudah dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) di bantu oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sosialisasi dilakukan hingga tingkat bawah melalui kantor wilayah (Kanwil) Kemenag.

“Ini berkaitan bagaimana tata cara penyembelihan hewan kurban dengan melakukan koordinasi bersama satgas, TNI dan Polri,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button