Nasional

Satgas Pastikan Trombo Emboli Tak Berkaitan dengan Vaksin Covid-19

INDOPOSCO.ID – Kasus pembekuan darah atau trombo emboli tidak berkaitan dengan vaksin Covid-19. Masalah ini terjadi ketika pembuluh darah yang terlepas terbawa aliran darah hingga menyumbat pembuluh darah lain.

“Ditambah lagi, trombo emboli vena merupakan penyakit kardio vaskular paling sering terjadi di dunia,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, Rabu (26/5/2021).

Wiku menyebut, trombo emboli bisa terjadi bersamaan dengan proses vaksinasi Covid-19. Namun, trombo emboli sama sekali tidak terjadi karena kandungan vaksin Covid-19.

Dia memastikan vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program vaksinasi aman dan berkhasiat. Vaksin Covid-19 justru bisa menekan angka kematian Covid-19 bagi pasien yang terinfeksi Covid-19.

“Sehingga perlu dipahami masyarakat, bahwa vaksin Covid-19 tidak menurunkan angka kematian atau angka kesakitan akibat penyakit selain Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, sebelum dilakukan vaksinasi, para penerima harus dalam keadaan sehat berdasarkan hasil skrining yang dilakukan petugas kesehatan. Satgas pun terus menghimbau para petugas kesehatan untuk melakukan skrining secara teliti sebelum dan secara menyeluruh sesuai kaidah yang ditetapkan.

“Dalam proses skrining, para penerima vaksin diharapkan jujur dalam menjawab pertanyaan secara jujur. Apabila memungkinkan, para calon penerima dapat melakukan pengecekan agar saat menerima vaksin dalam keadaan sehat,” imbuhnya. (yah)

Sponsored Content
Back to top button