Headline

Satgas Covid-19: Varian Baru Corona Sudah Hampir Ditemukan di Seluruh Indonesia

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, bahwa varian baru virus corona saat ini sudah tersebar di hampir semua provinsi di Indonesia. Diketahui, varian baru Covid-19 yang sudah dilaporkan masuk ke Indonesia, seperti B117, B1525, hingga N501Y.

“Saat ini saja, sebaran varian sudah hampir ditemukan di seluruh provinsi di Indonesia memiliki kota-kota besar berpenduduk padat. Seperti Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur,” kata Wiku seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/4/2021).

Untuk mengantisipasi imported case (kasus impor) dengan risiko penyebaran varian baru, maka pintu masuk pelabuhan, hingga bandara akan diperketat. Sebab, menjelang libur Lebaran Idulfitri 2021 warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri diperkirakan akan kembali ke Indonesia.

ā€¯Pulangnya WNI dari berbagai negara lain, berpeluang membawa masuknya imported case. Mengantisipasi hal ini, pemerintah akan mempertebal dinding pertahanan negara dengan penapisan berlapis,” ujarnya.

Pemeriksaan secara berlapis dimulai dari tempat pemeriksaan Imigrasi maupun pos lintas batas tradisional dan internasional sebagaimana dijelaskan dalam Surat Edaran No. 8 Tahun 2021 tentang tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Secara lebih rinci, ada 3 pemeriksaan dalam mekanisme penapisan berlapis. Pertama, untuk tempat pemeriksaan imigrasi meliputi melakukan pemeriksaan suhu tubuh, dokumen perjalanan seperti tanda pengisian e-hac dan surat tanda negatif (maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan) serta dokumen pendukung perjalanan internasional, dan melakukan tes PCR pertama,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button