Headline

Satgas Covid-19: PTM Terbatas Boleh Dibuka Secara Hati-hati

INDOPOSCO.ID – Indonesia mengalami kecenderungan kenaikan kasus Covid-19 dalam bulan terakhir, pascalebaran. Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Bidang Komunikasi Publik, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Hery Triyanto melalui gawai, Sabtu (5/6/2021).

Ia menjelaskan, klaster-klaster baru pascalebaran disebabkan masyarakat yang memaksa diri melakukan mudik. Tentu, saat ini pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi harus dipersiapkan secara hati-hati.

“Pembelajaran atau kegiatan di masa pandemi bukan soal boleh atau tidak boleh. Tapi kesiapannya harus dilakukan hati-hati,” katanya.

Pembelajaran tatap muka (PTM), menurutnya, bisa dibuka khususnya di daerah-daerah dengan angka Covid-19 kecil. Kendati memperhatikan kenaikan kasus-kasus Covid-19 secara keseluruhan, khususnya di daerah dengan Covid-19 rate-nya di bawah lima persen.

“Data kami 53 persen ada di Pulau Jawa, dan saat ini kenaikan terjadi di Pulau Sumatera dan Sulawesi,” bebernya.

Dia mengatakan, data yang diterima Satgas Penanganan Covid-19 pada ujicoba PTM terbatas terjadi penularan. Sampai Satgas menyatakan PTM sementara ditutup beberapa waktu lalu.

“Kebijakan penanganan Covid-19 harus dilihat kepentingan tiap kebijakan secara seimbang. Karena beberapa negara telah melakukan kegiatan, seperti olahraga dan lainnya,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button