Nasional

Satgas Covid-19: PPKM Mikro Dilakukan Atas Kesadaran Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Kabid Komunikasi Punlik, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Hery Triyanto mengatakan, hingga saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih berlaku. Seperti pembatasan pusat perbelanjaan 50 persen dan restoran dibatasi protokol kesehatan (Prokes).

Sementara PPKM mikro, menurut dia, diberlakukan di akar rumput. Dengan penerapan yang lebih ketat dengan melibatkan ketua rukun tetangga (RT), petugas puskesmas, Babinsa dan kepala desa.

“Sejak Februari ini terus dilakukan dan standar operasional prosedur (SOP) diperketat terutama daerah dengan tingkat penularan tinggi,” ujar Hery Triyanto melalui gawai, Rabu (2/6/2021).

Ia menyebut, jumlah penularan yang tinggi tersebut di atas lima rumah. Dan, menurutnya, penerapan PPKM Mikro lockdown bisa diberlakukan di wilayah tersebut.

“Fungsinya untuk memiitigasi dan mencegah penularan lebih luas,” katanya.

Ia menegaskan, penderita tanpa gejala harus diwaspadai. Dengan penerapan mikro lockdown, mereka tidak bisa bepergian. Yang kemungkinan bisa menularkan virus lebih luas.

“Kami terus memperbaiki PPKM mikro agar lebih efektif dan dilakukan masyarakat secara sukarela,” terangnya.

Menurut Hery, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) penerapan PPKM Mikro akan dilakukan lebih ketat dengan melibatkan banyak perangkat negara, dari Babinsa hingga petugas puskesmas. (nas)

Sponsored Content
Back to top button