Nasional

Satgas: Covid-19 Bermutasi di Tubuh Manusia

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan varian baru SARS-CoV-2 muncul karena inang yang hidup di badan manusia memberi peluang untuk bermutasi.

“Pada prinsipnya virus bukanlah makhluk hidup, maka virus hanya bisa menggandakan diri pada inang yang hidup seperti manusia. Dalam proses perbanyakan diri inilah virus dapat bermutasi menciptakan varian baru,” tutur Wiku Adisasmito disaat memberikan penjelasan dalam acara virtual Laporan Penanganan Covid-19 di Jakarta, Kamis (29/7) sore.

Wiku menjelaskan upaya terbaik yang bisa dilakukan yaitu menghindari masuknya virus ke dalam tubuh dengan tertib menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan para ahli.

Beliau menjelaskan pemerintah juga melakukan langkah antisipasi melalui berbagai kebijakan seperti penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), optimalisasi serta pengaturan pelaku perjalanan untuk menghindari penularan di masyarakat ataupun menghindari importasi kasus yang dapat memperburuk situasi penyebaran Covid-19 secara nasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button