Headline

Satgas: Cegah Penularan Varian Delta Plus di Sektor Hulu Dengan Berlapis dan Ketat

INDOPOSCO.ID – Kepala Bidang Penanganan Kesehatan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Alexander Ginting mengatakan, penanganan Covid-19 harus dilakukan oleh semua elemen. Karena, sejak pandemi, virus Covid-19 terus bermutasi.

“Ada yang bermutasi semakin kuat ada yang melemah. Jadi virus Covid-19 yang bermutasi semakin kuat ini yang harus diantisipasi,” ujar Alexander Ginting dalam acara daring, Kamis (28/7/2021).

Menurut dia, upaya yang dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 pada temuan varian baru di antaranya pencegahan di sektor hulu dilakukan secara berlapis dan ketat. Seperti melakukan screening untuk perjalanan internasional.

“Dalam surat edaran pelaku perjalanan internasional wajib PCR di negara asal dan negara kedatangan, serta melakukan isolasi mandiri 8×24 jam,” katanya.

“Kami juga melakukan pembatasan perjalanan domestik, dengan PCR serta pelaku yang bergejala dilarang terbang,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pemerintah daerah (Pemda) harus menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat. Kemudian kontak tracing tidak hanya di kota besar, tetapi sampai di pedesaan.

“Pemda juga harus melakukan pelacakan (tracing) kontak dan mengimplementasikan hingga tingkat desa dan ini tidak boleh diturunkan. Pemda juga harus melakukan isolasi mandiri (Isoman) terpusat,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button