Headline

Satgas BLBI Dilantik, Mahfud MD: Tak Ada yang Bisa Bersembunyi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melantik Kelompok Kerja Satuan Tugas (Satgas) penanganan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), untuk menagih semua utang dari bantuan dana BLBI kepada obligor dan debitur.

Pembentukan Satgas itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, bahwa Satgas BLBI mengejar aset negara di tangan obligor dan debitur yang mencapai Rp110,45 triliun.

“Pemerintah akan melakukan penagihan kepada semuanya (obligor dan debitur), yang jumlahnya sekitar Rp 110,45 triliun,” kata Mahfud MD di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Ia berharap debitur BLBI dapat kooperatif mengembalikan yang bukan haknya. Pasalnya, utang mereka tersebut merupakan kewajiban kepada negara.

“Kami berharap agar semua obligor dan debitur yang akan ditagih itu bekerja sama dan kooperatif karena itu uang negara,” ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Untuk semua obligor dan debitur dapat bekerja sama bahkan bertindak proaktif membayar utang mereka. Satgas BLBI akan bekerja sama dengan semua pihak termasuk lintas negara.

“Proaktif kalau bisa. Kalau tidak bisa kerja sama biasa, malah lebih bagus lagi datang sendiri,” pesan Mahfud.

Ia menegaskan tidak ada yang bisa bersembunyi, sebab pemerintah dan Satgas sudah mengantongi semua data untuk melakukan penagihan utang.

“Tidak ada yang bisa bersembunyi karena ini ada semua daftarnya, jadi kami tahu Anda tahu. Mari kooperatif saja, ini untuk negara dan Anda harus bekerja juga untuk negara,” tandasnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button