Nusantara

Sambut Tebar Hewan Kurban, DD FARM Siap Hadirkan Hewan Berkualitas Se-Lampung

INDOPOSCO.ID – Memastikan agar dapat menjaga kualitas dari setiap hewan kurban, baik dari segi bobot dan juga kesehatan hewan kurban agar sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Dewan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika yang juga pakar ekonomi, Hendri Saparini bersama jajaran manajemen Dompet Dhuafa mengunjungi Dompet Dhuafa Farm Sentra Ternak yang dikelola Dompet Dhuafa Lampung yang berlokasi di Pekon Tulung Agung, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Jumat (11/6/2021).

“Alhamdulillah ini salah satu kandang yang menurut saya reseprentatif dan memiliki kandang ideal bagi domba. Saya mengapresiasi semangat para pengurus Dompet Dhuafa Lampung dalam menjalankan sentra ternak di Lampung,” ujar Hendri Saparini.

DD Farm menerapkan konsep pembiayaan gabungan antara wakaf dengan zakat di tahap awal, lalu ditumbuhkan dengan investasi ekonomi di tahap selanjutnya. Model pembiayaan ini populer disebut blended finance. Program ‘DD Farm’ bertujuan mengajak masyarakat peternakan terintergrasi dapat menjadi skala prioritas utama dalam menggerakan roda ekonomi serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya dhuafa meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Dompet Dhuafa memiliki mitra ternak di berbagai wilayah. Melalui mitranya, hewan kurban dihimpun melewati seleksi yang bermutu sesuai dengan kriteria hewan kurban menurut syariah islam serta meningkatkan ekonomi para peternak lokal. Pada ‘DD Farm’ ini tidak ada limbah ternak yang terbuang percuma, semua akan termanfaatkan sehingga dapat menjadi nilai ekonomi tambah.

“Tidak hanya untuk kepentingan Dompet Dhuafa, tapi yang paling penting adalah bisnis sosial ini diharapkan akan menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi yang ada di wilayah. DD Farm Sentra Ternak Lampung juga diharapkan mampu memberikan turunan bisnis yang mampu menjadi motor pengembangan ekonomi wilayah tidak hanya di desa ini, kecamatan tetapi juga di kabupaten, serta diharapkan mampu memberikan turunan bisnis yang mampu menjadi motor pengembangan ekonomi wilayah,” jelas Saparini.

Pada Kunjungan Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika disambut antusias oleh Management Dompet Dhuafa Lampung.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung, Yogi Achmad Fajar menuturkan, kunjungan pengurus melihat secara langsung program ke daerah menjadi pemicu Dompet Dhuafa Cabang untuk memberikan yang terbaik.

“Kunjungan Hendri Saparini, Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika ke Lampung menjadi penyemangat kami untuk memberikan yang terbaik. Beliau secara langsung memberikan masukan-masukan kepada kami untuk terus tumbuh dan berkembang dalam mengelola DD Farm Sentra Ternak ini,” ujar Yogi.

DD Farm Sentra Ternak Lampung yang merupakan implementasi program zakat produktif ini menjadi satu dari 11 DD Farm Sentra Ternak di seluruh Indonesia. DD Farm Sentra Ternak juga mensuplai hewan kurban untuk gelaran program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa.

“Melalui program DD Farm Sentra Ternak ini kami mengupayakan untuk memberikan hewan kurban terbaik bagi para pekurban nanti. Kami menyiapkan hewan kurban yang berkualitas dan tentu sesuai kaidah Syariah. Insya Allah,” pungkas Yogi. (srv)

Sponsored Content
Back to top button