Ekonomi

Rupiah Melemah di Tengah Kekhawatiran Meluasnya Varian Delta

INDOPOSCO.ID – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan rupiah melemah di tengah kegelisahan pelaku pasar terhadap meluasnya varian Delta Covid-19.

Rupiah ditutup melemah 10 poin atau 0, 07 persen ke posisi Rp14. 493 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14. 483 per dolar AS.

Analis pasar uang Bank Mandiri Rully Arya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (23/7) menjelaskan, selama pekan ini rupiah cenderung mengalami volatilitas yang tinggi dengan rentang Rp14. 480 per dolar AS hingga Rp14. 560 per dolar AS.

“Dua hal yang menjadi penopang rupiah saat ini. Dari sisi domestik, situasi ekonomi secara umum relatif normal, jika melihat dari surplus neraca perdagangan serta defisit neraca transaksi berjalan yang masih normal dan inflasi yang juga normal,” ucap Rully, dilansir Antara.

Sementara itu dari sisi global, lanjut Rully, perkembangan rupiah dan juga sebagian mata uang negara berkembang lainnya ditopang oleh kebijakan moneter bank sentral AS, Federal Reserve (Fed) yang masih akomodatif serta likuiditas global yang masih cukup tinggi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button